"Always Speaks The Truth Even when its Hurt"
SPIRITED AWAY 2001, FILM YANG SELALU DIANJURKAN ORANG LAIN UNTUK KAMU TONTON MENGAPA?

Posted 2016 17, Jul by: admin Globeleaks    | 417.407 hits view

Spirited Away 2001, Film yang Selalu dianjurkan Orang lain untuk Kamu Tonton Mengapa?
    Bagikan di Facebook
Sponsored Links Globeleaks.com

Spirited Away atau dalam bahasa Indonesia artinya adalah Jiwa yang Menghilang atau bisa juga kita maknai dengan arti “Jiwa yang tersesat”.

Film animasi karya Hayao Miyazaki ini memang sarat dengan nilai dan pesan moral. Dari segi sinematografi anda tidak akan menemui teknologi CGI atau sebuah teknologi animasi lainnya yang akan membuat anda terkagum-kagum seperti ketika menonton Jurrasic World. Jadi apa yang khusus dari Film ini?, ya itu tadi ceritanya.

Spirited Away mengisahkan mengenai seorang gadis dan ayah serta ibunya yang pindah ke tempat baru mereka di Jepang hingga pada suatu titik sang ayah mencoba jalan lintas yang salah dan menemukan sebuah tempat yang bisa dikatakan sangat misterius. Tempat itu sepi namun menggoda orangtuanya mencoba mengeksplorasi tempat itu dan menganggap tempat itu mungkin saja tempat atau taman peninggalan bersejarah. Saat melihat-lihat tempat itu, Terdapat perumahan, tempat jualan makanan yang anehnya makanan di tempat itu tampak mengepul dan tampak sangat lezat.

Sponsored Links

Walau makanan tersebut tampak segar, dan masih panas, namun tidak ditemui pekerja atau pelanggan yang datang. Hanya mereka saja. Orangtuanya tidak ragu-ragu memakan makanan yang ada dan tentu kalau penjaganya datang akan membayar makanan itu. Namun sang Gadis, Chihiro menolak untuk memakan makanan itu, dia merasa ragu dan tidak yakin mengenai tempat yang penuh dengan intrik dan sangat misterius itu, dia mencium sesuatu yang sangat salah mengenai tempat itu.

Chihiro memilih berjalan-jalan mengeksplorasi tempat itu daripada makan, ketika dia bertemu dengan seorang pemuda bernama Haku.

Haku : Roh Naga yang baik yang memperingatkan Chihiro

 

Haku ternyata adalah roh Naga yang baik. Dia memperingatkan Chihiro, bahwa dia dan orangtua harus segera pergi dari tempat itu, karena tempat itu adalah lokasi para siluman yang siap memperbudak siapa saja. Chihiro berterima kasih dan berlari ke tempat yang mulai gelap di mana ayah dan ibunya makan. Dengan sangat terkejut, Chihiro mendapati ayah dan ibunya telah berubah menjadi babi, dan tampak terus makan seperti tidak ada kontrol.

Gambar : Orangtua Chihiro berubah menjadi Babi karena memakan makanan siluman.

Terbukti sudah, bahwa mereka terperangkap di dunia para siluman, dimana tempat itu adalah tempat para siluman bersantai dan pemilik tempat itu adalah Yubaba, roh sungai yang jahat. Berbagai hal ditemui Chihiro, dan Haku menyarankan Chihiro untuk menjadi pekerja bagi Yubaba, hingga saat yang tepat Haku berjanji untuk menyelamatkan dirinya dan orangtuanya jika semuanya belum terlambat.

Chihiro bekerja untuk Yubaba, dan namanya diganti menjadi Sen, sebagai cara Yubaba untuk mengontrol setiap orang dengan mengambil namanya dan mengubah nama orang tersebut. Chihiro menemukan kartu dari Haku yang di atasnya tertulis namanya. Haku menjelaskan, jika Chihiro sampai lupa nama aslinya, dia tidak akan bisa kembali lagi ke dunia manusia dan akan terperangkap di sana selamanya.

Gambar : Yubaba, roh Sungai yang jahat. Menguasai tempat siluman di kisah Spirited Away.

Chihiro mengalami petualangan yang panjang, dan melihat orangtuanya yang bisa kapan saja disembelih dan disiapkan untuk para pengunjung yang salah jalan seperti mereka. Akankah Chihiro dan orangtuanya selamat?

Gambar : No Face Spirit, membantu Chihiro menemui Zeniba versi Yubaba yang baik.

 

#movie Review

Film yang tampak sederhana namun sangat powerful ini sarat dengan nilai-nilai. Di bawah produksi studio Ghibli, Hayao Mizaki director dari film animasi ini menciptakan film yang menghabiskan dana 19 juta Dollar Amerika.

Film ini membuat box office sempat tegang dan fenomena perfiliman Kartun animasi Jepang menjadi sorotan internasional ketika film ini berhasil mengumpulkan 340 juta dollar Amerika lebih tinggi dari penghasilan film titanic dan menjadi film tersukses di Jepang. Film ini awalnya diproduksi dalam bahasa Jepang, dan Dubbing versi bahasa inggrisnya diproduksi oleh Disney.

Film ini menjadi hits dengan bantuan Animator Producer Laccester dari Pixar yang menyarankan Disney untuk segera membeli hak distribusi film animasi sarat emosi ini. Benar saja, film ini menembus rekor box office di bawah distribusi Disney

Dalam film yang sarat dengan detail dan membuatnya tampak nyata walau dalam animasi dengan teknologi yang tidak terlalu canggih,  anda akan merasa frustasi dan dilematik walau hanya sebagai penonton, karena anda menemui diri anda mengalami konflik batin dan mengharapkan Chihiro dan orangtuanya langsung selamat. Bagaimana tidak, film misterius ini penuh dengan gejolak dengan mahluk-mahluk halus, dalam artian anda sebenarnya tidak akan melihat film ini seperti menonton film horror setan yang menampilkan keseraman karena bentuk tubuh atau penampakan, namun anda akan melihat makna seram yang lebih dalam, pengertian mengenai Jiwa yang tersesat.

Dalam film ini anda akan langsung dituntun untuk mengenali pesan bahwa tawaran dunia akan tampak menyenangkan namun bayarannya, anda akan kehilangan nyawa anda, film ini juga dianggap sebagai representasi ajaran popular mengenai hilangnya nyawa kepada setan oleh keinginan duniawi. Pada film ini banyak scene yang menunjukkan mengenai hal itu. Mungkin hal tersebutlah yang membuat film ini sangat popular dan tentu saja, film ini sangat direkomendasikan.

#mustWatch


Sponsored Links
Tidak Ada komentar Surel
POSTING : FILM
Sponsored Links




Popular Tag


New Tag






Globeleaks.com


Globeleaks.com adalah portal berita berisi informasi menarik, jika anda ingin berkontribusi, silahkan klik link Register.

Social Links


Subscribe Newsletter