"Always Speaks The Truth Even when its Hurt"
REALITA : BERITA PERTUKARAN 10 JUTA RAKYAT INDONESIA-CHINA ADALAH HOAX

Posted 2016 17, Jul by: admin Globeleaks    | 126.504 hits view

Realita : Berita Pertukaran 10 Juta Rakyat Indonesia-China adalah Hoax
    Bagikan di Facebook
Sponsored Links Globeleaks.com

Berita-berita yang menyatakan bahwa pertukaran 10 juta rakyat RRC ke Indonesia maupun sebaliknya adalah berita tidak benar. Banyak sekali biro-biro berita online yang memuat headline yang cukup meresahkan masyarakat.

Dalam sebuah laman berbahasa inggris, sebuah headline menjelaskan dalam kontennya kira-kira sebagai berikut :

Widodo also said that he hopes Indonesia and China can achieve a currency swap agreement, realise bilateral trade of US$150 billion by 2020 and expand tourist visits to 10 million next year.

Arti dari kalimat tersebut adalah bahwa diharapkan hubungan kerjasama antara China dan Indonesia bisa merealisasikan adanya kemungkinan perdagangan dengan nilai ekonomi hingga 150 Milliar Dollar Amerika di tahun 2020 dan adanya kunjungan 10 Juta turis.

Pertukaran rakyat dalam konteks di sini, bukan eksodus penggantian kewarganegaraan, namun sebagai bentuk kunjungan turisme layaknya kunjungan ke bali atau sebaliknya tempat-tempat turisme di china.

Hal yang mengherankan adalah banyaknya media-media yang memuat headline ini sebagai headline yang provokatif yang tentu saja tidak berdasar.

Sponsored Links

Contohnya adalah media-media berikut.

Blog Kabar24.bisnis.com

Blog Intelijen.co.id

Media Perorangan di Kompasiana.com

Thread di Kaskus.co.id

dan ratusan media lainnya. Berita-berita demikian tentu cukup berpengaruh dalam menentukan bagaimana sikap masyarakat Indonesia dalam menanggapi sesuatu hal dan bukan tidak mungkin cenderung membuat perpecahan.

Sementara itu di laman

Straitstimes.com

Dijelaskan secara mendalam bahwa kerjasama dimaksud adalah kerjasama perdagangan, investasi, turisme dan proyek serta tidak ada pencantuman kerjasama bertukar kewarganegaraan sebagaimana headline media-media Indonesia paparkan.

Semoga kita semakin jeli dalam menanggapi suatu berita dari manapun berita tersebut berasal.

Salam damai untuk Indonesia.

 


Sponsored Links
Tidak Ada komentar Surel
POSTING : BERITA
Sponsored Links




Popular Tag


New Tag






Globeleaks.com


Globeleaks.com adalah portal berita berisi informasi menarik, jika anda ingin berkontribusi, silahkan klik link Register.

Social Links


Subscribe Newsletter