"Always Speaks The Truth Even when its Hurt"
PERBEDAAN ITU INDAH, HANYA SETAN YANG BENCI PERBEDAAN !

Posted 2016 11, Nov by: admin Globeleaks    | 381.738 hits view

Perbedaan itu Indah, Hanya Setan yang Benci Perbedaan !
    Bagikan di Facebook
Sponsored Links Globeleaks.com

Pernahkah membayangkan apa jadinya, jika warna kulit sama?, setiap hal yang kita utarakan selalu diiyakan orang lain tanpa adanya pertanyaan lanjutan?, atau pernahkan membayangkan jika semua tinggi badan orang sama, atau baju yang dipakai oleh semua orang sama?, atau anda pernahkah membayangkan jika semua gender itu sama, atau tidak ada kategori gender?

Bayangkan jika Indonesia hanyalah kumpulan orang-orang yang memiliki visi yang tidak ada b,c, atau d, semua hanyalah a, tidak ada perbedaan budaya, bahasa, dan tatanan.

Jika membayangkan semua itu, rasanya memuakkan. Bagai membayangkan sesuatu yang dikerjakan berulang-ulang tapi tidak memiliki faedah. Membayangkan sesuatu yang tidak berwarna tak berkadar. Hampa.

Saya jadi teringat dengan sebuah filosofi studi mengenai setan, yang menginginkan semua orang untuk tunduk padanya, mengikuti cara kerja setan, dan sama menjadi seperti dia. Brutal. Setan itu bekerja dengan cara-cara yang licik, dan menjadi otak dari semua hal yang buruk.

Saat ada yang menggaungkan perbedaan adalah sesuatu yang buruk, seperti menghindari toleransi agama, menghindari perbedaan pendapat, menggaungkan keagungan dari keyakinannya, saya menjadi ragu, apakah itu datang dari yang baik atau datang dari setan.

Karena kita sangat mengerti, saat tidak boleh ada perbedaan, maka ada pengekangan dan ada keinginan untuk mengakui kehebatan daripada orang lain. Itu hanya datang dari setan saja. 

Kita patut berbangga bahwa kita punya Indonesia dengan ideologi pancasila yang menghargai adanya persatuan, hikmad, keadilan, namun menghargai perbedaan yang diayomi dalam konstitusi negara. Kita juga patut berbangga bahwa leluhur kita dahulu berbeda bahkan dari etnis, hingga keyakinan, namun kita bisa kini mengenal Indonesia, dalam satu atap Ideologi.

Saat kita mendengarnya banyaknya gerakan-gerakan separatis, radikal, dan cenderung tidak menghargai hukum, kita menjadi sadar, bahwa gerakan-gerakan tersebut, bukanlah ciri khas Indonesia. Itu adalah gerakan makar yang tidak mengakui kedaulatan NKRI. 

Gerakan apapun itu, sekalipun dibungkus dalam topeng agama, topeng keyakinan, namun jika tidak menghargai perbedaan, maka gerakan itu adalah gerakan suversif, penghianatan terhadap negara. Gerakan yang tidak menghargai perbedaan adalah gerakan yang melanggar konstitusi negara, terlebih hakikat perbedaan adalah dari Tuhan. 

Kalau kita mengkaci lebih jauh, segala hal yang kita alami adalah manifestasi dari pengalaman kita selama hidup di dunia yang diperbolehkan Tuhan untuk tidak terjadi, termasuk juga mengapa kita dilahirkan dalam sebuah keluarga dengan keyakinan tertentu, atau mengenai gen yang kita warisi dari orangtua kita yang membuat kita menjadi apa kita saat ini. Perbedaan itu adalah anugrah Tuhan dan harus disyukuri, bukan dibenci, apalagi ditentang.


Sponsored Links
Tidak Ada komentar Surel
POSTING : SCIENCE
Sponsored Links




Popular Tag


New Tag






Globeleaks.com


Globeleaks.com adalah portal berita berisi informasi menarik, jika anda ingin berkontribusi, silahkan klik link Register.

Social Links


Subscribe Newsletter