"Always Speaks The Truth Even when its Hurt"
PENERIMA PULITZER PRICE, JARED MASON DIAMOND : INDONESIA AKAN HANCUR, MANUSIANYA MUDAH TERPROVOKASI !

Posted 2016 03, Nov by: admin Globeleaks    | 398.542 hits view

Penerima Pulitzer Price, Jared Mason Diamond : Indonesia akan Hancur, Manusianya Mudah Terprovokasi !
    Bagikan di Facebook
Sponsored Links Globeleaks.com

Catatan Redaksi : Jared Mason Diamond adalah seorang peneliti Amerika dan dikenal sebagai penulis buku-buku ilmiah seperti Simpanse ketiga (The Third Chimpanzee;), Guns, Germs, and Steel, Kejatuhan Sosial (Social Collapse), dan The World Until Yesterday.

Tulisan ini disadur dari Tulisan berbahasa inggris yang dimuat di laman Ted berjudul Why do Societies Collapse.

Banyak dari kita yang sangat tertarik mengenai masalah-masalah romantisme dan misteri yang terkandung dari sebuah peradaban yang akhirnya tumbang dan punah, seperti kisah klasik Maya dan Yucatan yang dikenal diseluruh dunia. Adanya sebuah peradaban yang menjadi fertil dan tidak bertahan mulai dari Angor Wat hingga Zimbabwe yang sangat besar. Dalam beberapa dekade terakhir, banyak masalah-masalah dari lingkungan, yang menunjukkan fase-fase di mana kemungkinan kehancuran terjadi. Banyak tanda-tanda di mana, sebuah peradapan hilang ditelan bumi, namun ada juga yang bertahan hingga ribuan tahun seperti peradaban Jepang, Tonga, dan Tikopea.

Jadi bagaimana kita bisa mengerti kegagalan sebuah peradaban?, seperti Somalia dan Rwanda, juga Yugoslavia yang akhirnya tampak meredup. akhir-akhir ini, beberapa tanda besar menunjukkan bahwa peradapan seperti Nepal, Indonesia, dan Kolombia akan punah juga. (Collapse).

Jadi kalau kita pelajari sebenarnya, apa yang membuat sebuah peradaban bisa hancur, tidak lain adalah konsekuensi dari peradaban itu sendiri yang berada dan berkembang. Pertanyaan ini tidak bisa dijawab dengan satu faktor saja. Jika ada yang mengatakan bahwa peradaban hancur dari satu faktor saja, maka anda akan mengerti bahwa itu tidak benar. INi adalah sebuah kompleks yang sangat luas. Namun kita juga harus mampu memahami bahwa sesuatu yang kompleks sekalipun dapat dipilah-pilah untuk semakin mudah dipahami. Saya memahami ada 5 kerangka yang bisa menjelaskan mengapa peradaban bisa jatuh.  Saya menjelaskannya dengan adanya kepunahan Bangsa Norse, di tahun AD 984 Viking.

Mengapa bangsa Norse akhirnya punah, lima hal yang saya jelaskan adalah bagaimana efek dari lingkungan terhadap manusia. Manusia merusak lingkungannya, dan mereka sebenarnya tergantung pada lingkungan tersebut. Pada kasus bangsa Norse, mereka menghancurkan tanah mereka dan hutan mereka untuk membuat besi, hal kedua adalah masalah iklim, pada tahun 1300an, hingga 1400an, cuaca sangat dingin, dan bangsa Norse tidak dapat menangani masalah ini.

Hal ketiga adalah masalah perdagangan, masalah ini sangatlah besar, dalam kasus Norse mereka berseteru dengan Norwegia, hal keempat adalah masalah sosial, ketika mereka berseteru dengan bangsa Inuit.

Masalah kelima adalah masalah politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Pada kasus ini, banyak hal-hal yang muncul dari konsekuensi keberadaannya. Seperti masalah komitmen mereka terkait agama, masalah perangkingan dari struktur hirarki seseorang, hingga perpercahan. 

 

Pandangan mengenai Indonesia,

Secara garis besar, beberapa hal yang terjadi di Indonesia adalah penghancuran beberapa sumber daya alam, di mana terjadi erosi besar-besaran, eksploitasi hutan tanpa adanya upaya-upaya untuk memperbaikinya.

Selain itu, mengenai budaya, kebanyakan dari Orang Indonesia sangat tidak memperhatikan bahwa mereka berada dalam tahapan melupakan ciri khas mereka untuk tampak sama seperti budaya yang dikenal sangat luas, budaya barat.

Masalah terbesar adalah masalah sosial, di mana, tidak adanya persatuan, mudahnya terprovokasi dan adanya indikasi pembiaran radikalisme, yang akan mengakibatkan rasa tidak memiliki yang akan bertumbuh menjadi sebuah keyakinan bahwa Indonesia bukanlah sebuah gerakan persatuan, namun kelompok-kelompok yang memang seharusnya terpisah-pisah.

-----

Maksud dari penulisan Intisari adalah bahwa seperti yang dijelaskan oleh Jared Diamond, Masalah kelima dari framework yang diciptakannya adalah bahwa Sosial, budaya, politik dan ekonomi bisa menjadi sesuatu yang sangat menentukan keberlangsungan dari berdirinya Indonesia.

Hingga saat ini, jika kita perhatikan, banyak sekali kasus-kasus politik sudah disamaratakan dalam ranah agama, adanya aksi-aksi separatisme, dan aksi-aksi anti pluralisme, seperti Jared jelaskan, pluralisme, adalah salah satu bentuk peradaban, dan jika ditantang berarti, kehancuran peradaban di depan mata.

Di Indonesia, bukan tidak mungkin untuk mendapatkan informasi dengan akses internet yang tidak sulit, dengan adanya fakta bahwa pengguna facebook terbesar, salah satunya adalah dari Indonesia. Namun seperti yang disampaikan Sri Mulyani, bukan semakin melek Informasi, manusia Indonesia malah semakin mudah melantur dengan opininya sendiri tanpa memperhatikan nilai-nilai intisari dari sebuah Informasi. (Misinterpretasi, karena tidak meneliti secara mendalam informasi yang dipaparkan.)

Semoga saja apa yang dikatakan Jared Diamond tidak menjadi Kenyataan.

catatan : Tulisan ini merupakan ringkasan umum dari Tulisan yang sangat panjang dari berbagai sisi. Versi asli bahasa inggris dapat dilihat di link berikut.



Sponsored Links
Tidak Ada komentar Surel
POSTING : KONSPIRASI
Sponsored Links




Popular Tag


New Tag






Globeleaks.com


Globeleaks.com adalah portal berita berisi informasi menarik, jika anda ingin berkontribusi, silahkan klik link Register.

Social Links


Subscribe Newsletter