"Always Speaks The Truth Even when its Hurt"
MAU MENDAPATKAN PEKERJA YANG LUAR BIASA?, STOP MEMBERI PERTANYAAN BODOH !

Posted 2015 06, Aug by: admin Globeleaks    | 411.032 hits view

Mau mendapatkan Pekerja yang Luar biasa?, Stop Memberi pertanyaan Bodoh !
    Bagikan di Facebook
Sponsored Links Globeleaks.com

Globeleaks.com Jika kamu ingin mendapatkan seorang yang hebat dalam tim anda di perusahaan yang anda dirikan, sebenarnya adalah hal mudah. Tidak akan membutuhkan biaya yang mengharuskan anda menjual permata milik anda.

Begini adalah cara yang harus anda perhatikan.

Anda harus berpikir ulang bahwa anda adalah satu-satunya orang yang bertanggungjawab mengambil keputusan dalam ruang interview. Anda harus berpikir bahwa anda tidak sedang mencari seorang yang hanya butuh pekerjaan saja, daripada melihat motivasinya. Anda tidak menanyakan berapakali dirinya mengambil ujian tidak resmi di luaran sana. Jangan selalu berharap untuk melihat pengaju pekerjaan membuat anda sangat senang dengan pencapaian yang didapatkannya di mana anda tidak menjadi saksi di mana orang tersebut mencapai kesuksesannya.

 

Anda harus menjadi seorang manusia dan mulai melihat sisi yang lain dari interview yang biasa. Anda harus melihat seseorang mengenai bagaimana mereka akan mempromosikan perusahaan anda sebagaimana anda mampu mempromosikan orang tersebut di suatu saat pada urusan tertentu di perusahaan anda.

"Saya telah menjanakan US Robotics dalam pengelolaan sumber daya manusia yang bertumbuh dari 106 orang menjadi sepuluh ribu pegawai dan tidak pernah mengalami hal sulit dalam merekrut orang. Merekrut orang adalah hal paling mudah yang saya ketahui"

"Ketika energi sedang baik dalam perusahaan anda, maka orang akan bekerja di perusahaan anda. Anda tidak perlu membuat iklan pencari kerja untuk mencari orang-orang terbaik, mereka akan langsung mendatangi anda di depan pintu perusahaan."

 

"Anda harus belajar memperlakukan pengaju pekerjaan sebagaimana mereka adalah emas yang berharga walaupun kemungkinan anda mempekerjakan ataupun tidak saat proses interview. Jangan pernah menanyakan hal bodoh dalam interview. Jangan tanyakan berapa IPK anda pada pertanyaan pertama seakan perusahaan anda hanya bertumpu pada nilai nilai dan nilai tanpa memperhatikan proses".

"Coba tanyakan seperti ini pada pertanyaan pertama - Aku mau mendengarkan mengenai diri Anda"

Buatlah pertanyaan seakan anda dan kolega anda sedang minum kopi di ruang cafe tertentu.

Jika kamu mengasumsikan bahwa orang yang kamu interview untuk posisi yang sedang kamu tawarkan adalah orang yang berkapasitas dan orang pintar maka kamu harus berpikir, untuk apa menginterview orang lain, kalau sudah cocok, masih banyak pekerjaan. Maka pada tahapan tersebut cobalah menunjukkan sisi terbaik dari perusahaan anda yang membuat pengaju pekerjaan semakin bersemangat dan dapat melihat prospek yang luar biasa.

You're not going to sell them by running down your employee benefit plans - or worse, by quizzing them about every blip and deviation on their resume or asking them how long they've been using Excel.

Anda tidak akan membuat kandidat merasa bodoh dengan mengutak atik resumenya sedetail mungkin sampai mereka bosan. Hal paling bodoh adalah ketika anda menanyakan apakah orang tersebut pernah menggunakan Excel padahal mereka sudah mencantumkan beberapa aplikasi lainnya yang lebih muktahir.

Anda seharusnya lebih bertanya pada apa yang diperdulikannya mengenai perkembangan perusahaan di masa depan seandainya mereka di terima. Mereka akan terbuka dan mungkin akan mengemukakan ide-ide yang tidak pernah anda pikirkan.

Anda akan memperlakukan mereka sebagai teman dalam interview dan memperbolehkan mereka melihat apa jadinya mereka ketika bekerja dengan anda. Mereka akan bekerja keras, berteman dan bersosial, Mereka akan menjelaskan kelemahan mereka saat mereka tidak ditanyakan dengan spesifik ketika anda terbuka mengenai apa yang perlu dikembangkan mengenai perusahaan anda dan mengapa anda membuka lowongan pekerjaan.

Aturan pertama dalam menjual brand dan perusahaan anda adalah bahwa anda benar-benar percaya bahwa tujuan dan produk anda sangat baik. Anda akan melihat dirinya semangat untuk bekerja di sana dan mencoba menunjukkan kualitasnya. Orang-orang dalam percakapan normal tidak selalu dengan pertanyaan satu arah, anda akan mulai melihat interviewer diinterview oleh pengaju pekerjaan. Aneh?, tapi percayalah, anda tidak akan mengetahui apa-apa mengenai pengaju pekerjaan tanpa percakapan yang terbuka.

 

 

Jika kamu tidak tahu bagaimana membuat percakapan yang terbuka, nah sebaiknya anda memang tidak menjadi interviewer sama sekali. Jika anda butuh sebuah percakapan yang sudah ditulis di atas kertas. Maka anda bukanlah orang yang tepat menjadi seorang duta.

Sebuah interview bukan interogasi, Kita telah memiliki pandangan demikian bahwa interview adalah pertanyaan diberikan dan pengaju aplikasi pekerjaan akan menjawab. Maka hal tersebut adalah sesuatu yang standar, jarang anda mendapatkan pekerja yang luar biasa dengan cara seperti itu.

Perhatikanlah ide-ide yang bermunculan ketika bercakap-cakap dengan pengaju pekerjaan, pelajari mereka dengan seksama. Ketika anda mulai bertanya. "Apa kelemahan terbesar anda?" atau "apa yang membuat anda layak diterima dibandingkan para kandidat lainnya yang juga sangat bertalenta?" anda akan menerima serangan energi negatif, anda akan melihat ketertutupan dan kemungkinan anda akan mendapatkan jawaban standar, yang mungkin sudah dipersiapkan dari rumah ketika pengaju pekerjaan menuju perusahaan anda.

 

Jika anda mulai memperlakukan orang dengan begitu keras, dan anda membuat mereka merasa diperlakukan sebagai lumpur, dan akhirnya berhasil menjadi penerima kerja, yakinlah dia tidak akan bekerja dengan tulus, mereka membenci telah menerima kerja itu dan hanya akan bekerja dengan motivasi uang. Anda akan melihat sebuah mekanisme dimana anda melihat bahwa diri anda telah melakukan pemberian pekerjaan yang tidak menguntungkan.

 

Anda harus mulai membuat interview dengan tangan sama tinggi dan sama rendah, anda butuh mereka dan mereka butuh anda. Artinya anda akan mulai belajar mengenai lelucon dalam pertanyaan selingan ketika interview sedang berlangsung. Anda akan mendapatkan keuntungan bukan hanya mereka merasa mendapatkan kesenangan, namun anda akan melihat relasi bertumbuh dan perusahaan yang mendapatkan impresi yang baik dari banyak orang. Siapakah mereka?, tentu mereka adalah yang anda interview walau anda menolak mereka, mereka tidak akan menjelekkan perusahaan anda.

Merekrut dengan cepat dan manusiawi dan menyenangkan tidak hanya menguntungkan secara dana dalam waktu dekat. Namun akan menyampaikan pesan kepada banyak orang "Perusahaan ini mengerti mengenai talenta"

Tanpa impresi tersebut anda akan kesulitan. Benar-benar kesulitan. 

 Questions and Answers

Apakah mungkin melakukan interview tanpa menanyakan pertanyaan sama sekali?

 

Hal itu tidak mungkin.  Tapi sangat mungkin membuat mekanisme yang tidak membosankan. Jika anda mampu membuat dirinya memberikan jawaban lebih banyak tetapi terarah maka anda berhasil dengan baik.


Semoga menginspirasi.

 

Judul : Want to hire great people?, stop asking stupid Question by Liz Ryan dari @humanworkplace

Source : Linkedin. Image Credit : Linkedin

 


Sponsored Links
Tidak Ada komentar Surel
POSTING : SCIENCE
Sponsored Links




Popular Tag


New Tag






Globeleaks.com


Globeleaks.com adalah portal berita berisi informasi menarik, jika anda ingin berkontribusi, silahkan klik link Register.

Social Links


Subscribe Newsletter