"Always Speaks The Truth Even when its Hurt"
KEBERAGAMAN INDONESIA DAN BHINNEKA TUNGGAL IKA

Posted 14 May 2018 by: user Melisa Jenifer Claudya Siahaan    | 17.346 hits view

Keberagaman Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika
    Bagikan di Facebook
Sponsored Links Globeleaks.com

Globeleaks - Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keberagaman suku, budaya, bahasa daerah, makanan khas daerah, kepercayaan agama yang berbeda dan masih banyak lainnya. Indonesia merupakan negara yang memiliki suatu simbolis untuk menjaga keberagaman yaitu “BHINEKA TUNGGAL IKA” berbeda beda tetapi tetap satu. Hal ini membuat masyrakat saling menghargai satu sama lain baik budaya, bahasa daerah dan agama setiap orang. Selain itu dasar Negara Indonesia adalah PANCASILA.

            Pancasila merupakan suatu dasar Negara Indonesia untuk menjaga keberagaman yang ada di negara ini untuk menghindari konflik yang ada. Hal yang diatur meliputi menganut suatu agama, keberagaman budaya, bahkan kesejahteraan masyrakat Indonesia sendiri. Selain itu juga Indonesia merupakan negara Hukum dan Demokrasi. Dimana siapun bebas menyampaikan pendapat. Negara Indonesia sebagai negara yang memiliki prinsip demokrasi dilihat dari pertumbuhan politiknya dimana pemimpin daerah, atau pemimpin negara dipilih oleh masyarakat.

            Namun terkadang pada saat ini masyrakat masih banyak menggunakan prinsip anak daerah dalam mengambil suatu keputusan. Hal itu dapat dilihat pada saat pemilihan kepala daerah, pemilihan presiden dan lain lainya. Hal yang sering dikaitkan adalah mengenai agama seseorang dan asal suku. Misal ketika pemilihan kepala daerah dari provinsi A, dan asal calon pemimpin yang mengikuti pemilihan tersebut ada dari provinsi A dan provinsi B. Maka terkadang calon dari provinsi A akan mengatakan bahwa calon pempimpin provinsi A adalah dari daerah A karena calon yang lain tidak mengenal daerah tersebut.  Hal ini bisa menyebabkan bentrok antar masyrakat karena kebutuhan politik seseorang. Untuk mencegah hal tersebut dibutuhkan sosialisai dan Pendidikan mental moral masyrakat agar tidak mudah dipengaruhi hal tersebut.

            Selain itu Indonesia mempunyai tingkat ekonomi yang dikatakan sejahtera. Karena Negara Indonesia memiliki iklim yang bagus. Dimana Indonesia memiliki laut yang bagus dan memiliki sumber daya laut yang banyak. Selain itu juga Indonesia mempunyai tanah yang bagus untuk bercocok tanam dan menjadi sumber penghasil ekonomi dari sector pertanian.

            Indonesia adalah negara hukum dan memiliki pertahanan negara yang sangat kuat. Indonesia adalah masyarakat yang menghargai keberagaman agama, suku bangsa dan ras. Karena Indonesia lahir dari kebegeragaman. Indonesia bukan tentang agama, jabatan, kekuasan. Tetapi Indonesia akan kuat karena berbeda beda tetapi akan tetap satu “Bhineka Tunggal Ika”


Sponsored Links
Tidak Ada komentar Surel
POSTING : BERITA
Sponsored Links




Popular Tag


New Tag






Globeleaks.com


Globeleaks.com adalah portal berita berisi informasi menarik, jika anda ingin berkontribusi, silahkan klik link Register.

Social Links


Subscribe Newsletter