"Always Speaks The Truth Even when its Hurt"
INI YANG MEMBUAT EKONOMI INDONESIA KACAU APALAGI MENGENAI SIKAP ORANG INDONESIA, WAJIB BACA

Posted 2016 20, Jul by: admin Globeleaks    | 135.249 hits view

Ini yang Membuat Ekonomi Indonesia Kacau Apalagi Mengenai Sikap Orang Indonesia, Wajib Baca
    Bagikan di Facebook
Sponsored Links Globeleaks.com

 

Kenapa ya, kita ga bisa maju-maju sebenarnya apa yang salah dengan Indonesia ?. Begitulah kira-kira yang menjadi banyak pertanyaan orang di Indonesia, namun skeptis untuk melihat sesuatu yang baik di Indonesia malah berlaku hipokrit untuk menjawab tantangan tersebut, niscaya Indonesia tidak akan pernah bisa maju dengan sikap yang begitu buruknya.

 

Tua Muda, Kaya Miskin, Semuanya Tukang Belanja

banyak yang sering mengatakan bahwa wanita adalah pihak yang paling suka belanja, namun hal ini tidak benar, tua muda, kaya miskin semuanya suka belanja di Indonesia. Pola belanja di Indonesia itu, suka sekali belanja. Sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan pola produktif.

 

Gila Diskon

Gila neng, di Mall lagi diskon gila-gilaan, yuk. Belanja.

sumber gambar: mantapss.co.id

Kata Gila di sini, bukan berarti gila dalam arti yang tidak sebenarnya, namun memang gila yang sebenar-benarnya. Rasanya jika melihat diskon seringkali orang-orang langsung gelap mata, kalap dan ingin ngutang demi membeli sesuatu dengan iming-imingan yang belum tentu benar.

Kita sadar, yang namanya ekonomi, semua pelaku ekonomi akan berusaha dengan segencar mungkin untuk mencapai penjualan sebanyak-banyaknya. Banyak caption yang pada tujuannya untuk meningkatkan cross selling dan up selling dari niche produk yang ditawarkan.

Sayangnya orang Indonesia sering sekali tidak jeli melihat hal ini. Jika kita teliti, kebanyakan diskon yang ditawarkan memiliki nilai ekonomi tidak sebesar nilai diskon yang diiming-imingi.

Ada beberapa yang menawarkan diskon 50 % + 20 % + 15 ribu, beli dua gratis satu dan sebagainya. Jika sedang lebaran, diskon ini ditawarkan, jika sedang natal diskon ini juga ditawarkan, sayangnya di hari biasa pun diskon ini ditawarkan. Pada dasarnya, nilai potongan yang ditawarkan sangatlah kecil. Pola belanja ini memang pola yang gelap mata dan kebanyakan orang tidak sadar.

Banyak kasus di Indonesia, sebut saja nama samaran sebuah toko bernama Lazuda, yang meminta maaf ke publik karena menawarkan diskon yang penuh kebohongan. Tetapi tetap Indonesia tidak mau tahu.

 

Si Kapitalis Monopolis

 

sumber gambar : globaloctopus.blogspot.com

Sudah menjual dalam jumlah kapital, menguasai pasar sebagai perusahaan satu-satunya, dengan harga yang tidak bersahabat pula dan sering sekali mengabaikan hak-hak konsumen.

Banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang bergerak dalam bidang tertentu yang jangkauan pasarnya hampir seluruh rakyat Indonesia, sebut saja dalam bidang telekomunikasi. Hanya sebagai contoh saja. Katakan saja namanya Telkimsa, dan Indusa. Menawarkan banyak paket promo internet, satu Giga 50 ribu, dan sebagainya dan sebagainya. Tahu bahwa konsumen tidak punya pilihan, maka menciptakan nilai yang tidak masuk akal. Bagi yang mau berhitung, nilai keuntungan perusahaan pecinta uang seperti ini bisa menghasilkan trilliunan, dan diraup dari uang rakyat, kecil besar, tua muda, kaya miskin.Banyak yang berargumen, mereka kan bayar pajak. Benar sekali, bayar pajak. Tetapi tetap saja, keuntungan mereka tidak sesuai dengan nilai yang ditawarkan bagi konsumen.

Sponsored Links

Suka Nawar ke Pelaku Ekonomi Kecil, Tetapi Memuja Pelaku Ekonomi Besar


Bu, ini berapa satu kilo?, ga bisa kurang bu?, mahal banget bu di sana, cuma 3000 perak. Oh iya neng, ambil aja 3000. Makasi bu, kasi tambahan dikit ya bu. Iya neng, ambil aja gratis. (Ibu si penjual memberi sambil nangis darah)

sumber gambar : teropongbisnis.com

Itu realita yang sering terjadi, kalau belanja di Mall, ga ada yang berani nawar padahal harganya selangit, tapi kalau belanja di pasar tradisional maunya dikasi gratis. Bukannya membantu ekonomi kecil, malah rakyat juga sering berlaku bengis menindas sesama rakyat kecil.

Banyak yang berargumen, kan di Mall pelayanannya bagus, ada AC dan lantainya dikeramik. Ya kita sekalian membayar layanan itu juga. Memang benar adanya, tetapi bukan berarti, si penjual ekonomi kecil di jalanan, hanya karena tidak punya akses untuk menempelkan bar code product, di jualan bawang merahnya, maka anda bisa seenaknya menawar dengan sesuka hati.

Ingat juga lah, mereka juga butuh biaya transportasi, tenaga, dan usaha untuk melayani anda hingga membungkus produk kebanggaannya supaya anda dimudahkan.

 

Barang Baru, Inovasi Baru ! Wow Harus Punya Nih

 

sumber gambar : whatzp.com

lihat barang baru di portal jual beli online terbesar, rasanya ada sesuatu yang panas di badan. Harus segera memiliki, padahal masih banyak kebutuhan yang lebih penting dan dapat mendukung usaha-usaha yang mungkin bisa dirintis. Bukannya menabung, malah menghambur-hamburkan dana yang tidak seberapa.

 

Fakta Bahwa Ekonomi Dipermainkan Asing

 

sumber gambar : thehollywoodreporter.com

banyak sekali sentra industri yang pada ujung-ujungnya membodoh-bodohi rakyat. Sebut saja, merek Zarro, dan sebagainya yang membuka pabrik di suatu desa di Indonesia, melakukan packaging di negara asal, dan menjual kembali ke Indonesia, dan rakyat Indonesia sangat bangga menenteng tas bertulis Zarro yang notabenenya berharga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah padahal pembuat baju yang berasal dari Indonesia tersebut hanya dibayar dengan persenan yang sangat rendah, cara kerja ekonomi kapitalis.

Sebuah Film dokumenter berjudul the True Cost, menggambarkan praktek-praktek ini, hanya saja, rakyat dengan pola perilaku belanja yang konsumtif tidak akan pernah mau sadar dengan hal ini.

 

---

Tentu saja, hal di atas tersebut tidak berlaku bagi semua orang di Indonesia, namun faktanya banyak indikasi yang menunjukkan bahwa pola-pola tersebutlah yang sedang terjadi di Indonesia saat ini. Mari terbuka pikirannya, dan lapang dada dalam membaca tulisan ini agar manfaatnya dapat dirasakan demi kebaikan Indonesia di masa depan. 

Sumber gambar utama : Antaranews Media.


Sponsored Links
Tidak Ada komentar Surel
POSTING : SCIENCE
Sponsored Links




Popular Tag


New Tag






Globeleaks.com


Globeleaks.com adalah portal berita berisi informasi menarik, jika anda ingin berkontribusi, silahkan klik link Register.

Social Links


Subscribe Newsletter