"Always Speaks The Truth Even when its Hurt"
FAKTOR KEGAGALAN TIMNAS U - 23 : KESALAHAN AJI SANTOSO

Posted 2015 11, Jul by: admin Analisis Bola    | 424.880 hits view

Faktor Kegagalan Timnas U - 23 : Kesalahan Aji Santoso
    Bagikan di Facebook
Sponsored Links Globeleaks.com

Aji Santoso sejak awal pemusatan latihan telah dipilih sebagai manager untuk timnas U-23. Pemusatan latihan dilakukan kurang lebih 1 bulan untuk menghadapi Sea Games, waktu yang memang terbilang singkat untuk membentuk sebuah tim.

Disinilah kesalahan awal seorang Aji Santoso. 
Aji santoso menetapkan sistem permainan umpan pendek cepat dari kaki ke kaki dengan memaksa setiap pemain bergerak cepat untuk membuka posisi untuk mengalirkan bola ke depan. Dengan sistem ini memaksa setiap pemain untuk saling memahami dengan waktu sesingkat itu tentu saja sulit.

Kemudian , sistem permainan yang diterapkan Aji Santoso membutuhkan ketahanan stamina setiap pemain yang harus maksimal. Seperti kita ketahui pemain-pemain timnas tidak mengikuti kompetisi dan penurunan stamina tak dapat dihindarkan. Seharusnya Aji santoso menyadari hal ini dengan tidak menerapkan sistem yang dibuatnya mengingat waktu yang singkat.

Sistem Permainan yang dibuat sang coach sangat mengandalkan kemampuan beberapa individu saja. Seperti Adam alis, Paulo Sitanggang, dan yang terutama adalah Evan Dimas. Evan Dimas menjadi motor dan terjadi ketergantungan pada Evan dimas. Dan tentu saja siapapun dapat melihat hal itu. yang kemudian diterapakan oleh pelatih Thailand dan Vietnam.Menahan seorang Evan dan membunuh permainan Indonesia.

Sistem permainan yang dibuat Aji Santoso memiliki kelemahan yang terlihat sejak laga pertama Indonesia di Sea Games yaitu saat pemain menyerang, garis pertahanan Indonesia maju jauh ke depan hingga 1/4 lapangan bahkan 1/2,hal ini sangat riskan untuk sebuah serangan balik. Thaland memiliki serangan balik itu dan seperti kita ketahui skor yang sangat memalukan.

Aji Santoso seharusnya membuat sistem permainan yang lebih Pragmatis
diamana mengutamakan hasil akhir daripada permainan indah. Jika saja Indonesia bermain lebih cerdik Indonesia bisa saja lebih jauh. Jika saja di semifinal Indonesia berani untuk bermain dangan taktik "parkir bus" mungkin saja Thailand kesulitan mengingat pemain mereka tidak terlalu istimewa hanya beruntuk melawan Indonesia yang kurang cerdik.


Sponsored Links
Tidak Ada komentar Surel
POSTING : OLAHRAGA
Sponsored Links




Popular Tag


New Tag






Globeleaks.com


Globeleaks.com adalah portal berita berisi informasi menarik, jika anda ingin berkontribusi, silahkan klik link Register.

Social Links


Subscribe Newsletter